-->

Mengenal Apa Itu Penyakit Mesothelioma Di Kesehatan

Mengenal Apa Itu Penyakit Mesothelioma Di Dunia Kesehatan
ilustrasi
BangSiagian.id - Mesothelioma adalah salah satu penyakit kanker paru-paru yang cukup jarang terjadi, namun yang paling berbahaya dan mematikan yang biasanya terjadi pada membran di sekitar paru-paru, yang disebut dengan pleura. Penyebab utama dari kanker yang menyerang sel paru-paru bernama mesothelium ini adalah paparan debu asbes.

Asbes bisa berbentuk papan atap, mineral, serat dan berbagai macam olahan produk asbes bisa menimbulkan debu dan dihirup bersama dengan udara. Biasanya ini terjadi di lingkungan industri, lokasi konstruksi, pertukangan dan toko material bangunan. Ketika serat dan debu asbes dihirup ke dalam paru-paru, maka debu tersebut akan berhenti di dalam paru-paru.

Jika terus-terusan menghirup debu asbes, maka debu akan berkumpul dan mengendap di dalam paru-paru. Hal inilah yang menjadi penyebab kanker dan risiko akan meningkat jika Anda merupakan perokok aktif atau memiliki riwayat keluarga penderita kanker.

Kanker ini akan sangat mematikan karena rata-rata waktu kelangsungan utnuk hidup penderita untuk kanker mesothelioma atau mesothelioma ganas berkisar antara 4 hingga 18 bulan, dan sekitar 10 persen pasien hidup setidaknya lima tahun setelah didiagnosis.

Jenis Penyakit Kanker mesothelioma

  • Mesothelioma pleura (pleural mesothelioma), yaitu kanker yang menyerang mesothelium selaput paru-paru (pleura). Tipe ini merupakan tipe yang paling sering terjadi.
  • Mesothelioma peritoneum (peritoneal mesothelioma), yaitu mesothelioma pada selaput rongga perut (peritoneum).
  • Mesothelioma perikardium (pericardial mesothelioma), yaitu mesothelioma yang menyerang lapisan pelindung organ jantung.
  • Mesothelioma testis (testicular mesothelioma), yaitu mesothelioma yang menyerang lapisan pelindung testis atau buah zakar.

Gejala Penyakit Mesothelioma

  • Dyspnea dan nyeri nonpleuritic dinding dada adalah gejala yang paling umum terjadi pada mesothelioma ganas, (Sekitar 60-90% dari pasien mengalami gejala nyeri dada atau dyspnea).
  • Pada pasien dengan mesothelioma yang ganas, temuan fisik efusi pleura biasanya diketahui dengan perkusi dan auskultasi.
  • Pada kasus yang jarang, mesothelioma ganas bermanifestasi sebagai cord compression, brachial plexopathy, Horner syndrome, atau superior vena cava syndrome. Kematian biasanya disebabkan oleh infeksi atau kegagalan pernapasan dari perkembangan mesothelioma.
  • Daerah utama yang sering terjadi pada pleura (87%), peritoneum (5,1%), dan perikardium (0,4%).
  • Jadi jika Anda salah satu yang bekerja di bidang industri asbes, atau mengalami kontak langsung dengan asbes cukup sering, maka ada baiknya memeriksakan diri sebelum mesothelioma menyerang, ya.

Diagnosis Penyakit Mesothelioma

Selain dari anamnesis dan gejala, pemeriksaan lanjut yang dilakukan untuk mendiagnosis mesothelioma, antara lain X-ray untuk memeriksa jika ada kelainan di dada dan CT scan untuk memeriksa area dada dan perut. Biopsi menggunakan jarum halus kecil atau dengan laparoskopi maupun torakoskopi juga sangat membantu untuk diagnosis tetap.

Pencegahan Penyakit Mesothelioma

Untuk pencegahan khususnya untuk pekerja pabrik. Jika kamu bekerja di lingkungan yang berisiko tinggi terpaparnya asbestos, maka ikuti peraturan keselamatan kerja yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan:
  • Gunakanlah alat pelindung diri seperti masker selama berada di area kerja yang rentan terpapar dengan asbestos.
  • Buang sisa materi asbestos di tempat yang aman dan tidak membahayakan untuk lingkungan sekitar.
  • Jangan membawa pulang pakaian dan sepatu yang digunakan selama bekerja.

Berapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terkena penyakit mesothelioma, antara lain:

  • Lakukanlah pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mendeteksi gejala atau tanda penyakit yang berkaitan dengan asbes.
  • Berhenti merokok. Rokok tidak secara langsung menyebabkan mesothelioma, namun rokok menjadi faktor pemicu dan dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk mesothelioma.
  • Pelajari dan ikutilah petunjuk mengenai penanganan asbestos yang aman di lingkungan sekitar. Jangan memindahkan materi yang mengandung asbestos sembarangan.

Penanganan Penyakit Mesothelioma

Beberapa pengobatan mesothelioma yang pada umumnya dilakukan adalah kemoterapi dan radioterapi. Pembedahan dilakukan untuk mengangkat kanker yang umumnya masih berada pada tahap awal perkembangan penyakit ini, walau pada beberapa kasus tetap tidak berhasil mengangkat sel-sel kanker sepenuhnya.

Sumber:
https://www.alodokter.com/mesothelioma
https://www.halodoc.com/kesehatan/mesothelioma

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel