-->
DATA KASUS VIRUS CORONA

Satu Pasien PDP Corona di RS Adam Malik Medan Meninggal Dunia

Satu Pasien PDP Corona di RS Adam Malik Medan Meninggal Dunia
RSUP Haji Adam Malik, Jalan Bunga Lau, Medan Tuntungan, sebelumnya mengisolasi delapan pasien berstatus PDP.
BangSiagian.id - Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik, Kota Medan, Sumatera Utara meninggal dunia Selasa malam (17/3/2020).

Pasien sebelumnya sempat dirawat di ruang isolasi akibat suspect virus corona atau COVID-19.

PC Tim PINERE (Penyakit Infeksi New-Emerging dan Re-Emerging) RSUP Haji Adam Malik dr. Ade Rahmaini membenarkan hal tersebut. Namun, dia enggan menjelaskan lebih jauh. “Iya, telah meninggal dunia,” ungkapnya singkat.

PDP yang meninggal dunia tersebut merupakan satu dari delapan PDP yang sedang diisolasi di rumah sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tersebut. Sementara itu, data terakhir untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini berjumlah 22 orang.

Saat ini ada 11 ruangan yang tersedia untuk menampung kasus Covid-19 di RSUP H Adam Malik. Namun 3 ruangan lainnya peruntukannya ditujukan bagi perawatan khusus misalnya ventilasi mekanik maupun ICU ventilator.

"Jadi sudah full untuk ruang isolasi kita. Sehingga bila ada tambahan PDP lagi maka akan dirujuk ke rumah sakit lain yang sudah ditetapkan sebagai pusat rujukan," jelasnya.

Ia menambahkan, sejauh ini pihaknya sudah mengirimkan sampel 3 PDP ke Balitbangkes Kemenkes RI untuk diuji di laboratorium apakah positif Covid-19 atau tidak. Sedangkan sample ke-5 PDP yang baru masuk, rencananya sampel baru akan dikirim pada hari ini (kemarin, red). “Hasilnya kemungkinan baru akan keluar sekitar 5 hari pasca dikirimkan. Akan tetapi, yang mengirimkan itu adalah Dinas Kesehatan. Kita hanya menerima hasilnya saja,” terangnya.

Ade mengimbau, kepada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dan jangan lupa untuk sering mencuci tangan. “Jika tidak ada keperluan untuk beraktivitas di luar rumah, sebaiknya di rumah saja,” imbuhnya.

Sementara, Kasubbag Humas RSUP HAM Rosario Dorothy Simanjuntak (Rosa) menyatakan hal senada. “Per 17 Maret 2020 pukul 12.00 WIB, PDP saat ini 8 orang. Sebelumnya, ada PDP 2 orang tetapi sudah dipulangkan dan negatif,” ujar Rosa.

Ia menyatakan, hingga saat ini PDP yang dirawat belum ada yang positif. Sedangkan, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 22 orang. “Harap ditegaskan ya, sampai saat ini belum ada yang positif,” ketus Rosa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Baca Juga: 9 Makanan Pokok Pengganti Nasi Yang Sehat