Google Cloud Platform Resmi Hadir di Indonesia

Google Cloud Platform Resmi Hadir di Indonesia
Google Cloud Platform (Foto: Google)
BangSiagian.id - Indonesia jelas dianggap penting dan punya nilai strategi bagi bisnis Google. Google Cloud Platform (GCP) resmi diluncurkan dan mulai beroperasi di Jakarta pada Rabu (24/6/2020).

Dirancang untuk mendukung pelanggan di Indonesia serta pengguna akhir mereka, Jakarta adalah region GCP pertama milik Google di Indonesia dan yang ke-9 di Asia-Pasifik (APAC).

Peluncuran Google Cloud Platform (GCP) region Jakarta yang baru dapat mendekatkan GCP ke pelanggan dan para pengguna.

Fasilitas ini akan memberikan dorongan pertumbuhan pesat bagi transformasi digital khususnya pemanfaatan komputasi cloud menurut CEO Google, Sundar Pichai yang memberikan ucapan selamat kepada Indonesia melalui video.

"Google Cloud hadir untuk mendukung transfomasi digital di Indonesia dan mempercepat inovasi di perusahaan besar maupun kecil dengan menggunakan AI dan data analytics kami," tutur Pichai.

Kehadiran langsung salah satu pusat layanan Google Cloud Platform di Indonesia bisa memberikan latensi yang lebih renda untuk aksed data dan aplikasi. Jadi perusahaan pelanggan di Indonesia diklaim bisa melakukan trasnformasi digital lebih cepat.

Selain itu menurut Managing Director Asia Pasifik Google Cloud, Rick Harshman, kehadiran layanan ini juga membantu pelanggan memenuhi persyaratan peraturan dan kepatuhan tertentu.

Tentunya benefit lain adalah tersedia lebih banyak opsi pemulihan bencana untuk pelanggan di seluruh Asia Pasifik. Layanan ini hadir dengan rangkaian standar layanan seperti Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate juga memberikan ucapan selamat dan terima kasih kepada Google. Kehadiran salah satu pusat layanan Google dinilai akan menjadi kontribusi besar bagi ekonomi digital Tanah Air.

"Pemerintah Indonesia berharap kehadiran pusat data ini dapat turut memperkokoh keamanan dan privasi data, meningkatkan kemajuan ekonomi digital," tutur Johnny.

"Di saat bersamaan juga mampu mempertajam penerapan berbagai macam teknologi digital seperti data analytics, artificial intelligence, machine learning, dan sebagainya," tambahnya.

Johnny mengklaim kehadiran Google Cloud kali ini merupakan contoh bentuk sinergi yang sangat baik karena sektor bisnis turut mendukung kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan teknologi masa kini.

Perusahaan seperti BRI, XL Axiata, Gojek, dan Tokopedia juga ikut memberikan sambutan dalam peluncuran Google Cloud Platform region Jakarta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel