Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan
ilustasi Buah Sirsak

BangSiagian.id - Di Indonesia, buah sirsak kerap diolah sebagai minuman seperti jus. Punya rasa segar dan sedikit asam, manfaat buah sirsak baik untuk kulit dan kesehatan.

Buah sirsak memiliki kulit berwarna hijau, cukup tebal, dan berduri. Sedangkan isi buah sirsak memiliki rasa khas, sedikit asam, kenyal, dan berwarna putih. Pada bagian dalam daging sirsak, Anda akan menemukan biji sirsak berwarna hitam. Sirsak tumbuh subur di daerah tropis. Cara mengonsumsinya, bisa langsung dimakan, dibuat jus, hingga tambahan minuman. Adapun tekstur daging buah sirsak cenderung lembut dan berair.

Kandungan Buah Sirsak

Buah sirsak memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Nama latin sirsak adalah annona muricata, dan masih keluarga annonaceae atau apel custard. Kandungan dalam sirsak salah satunya vitamin C, berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan patogen.

Manfaat buah sirsak lainnya untuk kecantikan, yaitu melindungi kulit dan sel dari radikal bebas. Satu buah sirsak mengandung 215% kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan.

Kandungan Dalam Satu Buah Sirsak

  • Kalori: 413
  • Protein: 6 gram
  • Lemak: 2 gram
  • Karbohidrat: 105 gram
  • Serat: 21 gram
  • Gula: 85 gram
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Folat
  • Kalsium
  • Besi
  • Potassium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Zink
  • Tembaga

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya, buah sirsak diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sirsak yang perlu kamu ketahui:

1. Antioksidan Tinggi

Buah sirsak baik untuk kesehatan kulit, karena mengandung antioksidan tinggi. Senyawa ini bisa menetralkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Beberapa penelitian menemukan kalau antioksidan juga dapat menyembuhkan penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Kandungan vitamin C pada buah sirsak bisa dipakai perawatan kulit, termasuk mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, dan mencegah peradangan pada kulit.

2. Dapat Membunuh Sel Kanker

Beberapa penelitian menemukan sirsak berpotensi menghilangkan sel kanker. Salah satu penelitian menemukan, reaksi sel kanker payudara terhadap ekstrak buah sirsak. Hasil penelitian menarik, karena ekstrak bisa mengurangi ukuran tumor, membunuh sel kanker, dan meningkatkan aktivitas kekebalan tubuh.

Penelitian lain menemukan ekstrak sirsak juga bisa menghentikan pertumbuhan dan pembentukan sel leukemia. Namun, itu membutuhkan reaksi dan dosis ekstrak sirsak yang kuat. Selain itu, penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk mengetahui efek langsung terhadap pengaruh sel kanker manusia.

3. Melawan Bakteri

Beberapa penelitian menemukan ekstrak sirsak mengandung antioksidan yang bisa membunuh bakteri. Ekstrak sirsak bisa mengurangi infeksi bakteri kolera dan staphylococcus (bakteri yang menyerang hidung dan kulit pada manusia). Penelitian lain menemukan ekstrak sirsak juga bisa digunakan untuk menyembuhkan bakteri penyebab penyakit mulut.

4. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respon imun normal terhadap cedera dan mencegah peradangan kronis pada penyakit tertentu. Penelitian dilakukan terhadap tikus percobaan yang diobati dengan ekstrak sirsak. Studi lain menemukan ekstrak sirsak bisa mengurangi pembengkakan pada tikus sampai 37%.

Sirsak memiliki kandungan inflamasi yang bisa mengobati radang sendi. Kadar dalam ekstrak buah ini bisa menurunkan radang sendi pada tulang.

5. Menstabilkan Gula Darah

Salah satu penelitian, menemukan ekstrak sirsak bisa mengurangi kadar gula darah sebanyak 75% pada tikus. Tetapi itu masih perlu dibuktikan dengan penelitian lain pada manusia, terkait efektifitas manfaat buah sirsak terhadap manusia untuk mengobati diabetes. Sirsak juga bisa digunakan untuk diet dan gaya hidup sehat.

6. Pencernaan Sehat

Sirsak mengandung 83% asupan serat harian yang direkomendasikan. Serat bermanfaat untuk mencegah masalah pencernaan seperti susah buang air besar.

7. Memperbaiki Kesehatan Kulit

Bagian daun sirsak ternyata bisa dipakai untuk pengobatan tradisional. Daun ini bisa mengobati kondisi kulit abses. Mengutip dari alodokter.com, abses merupakan reaksi alami tubuh. Hal ini terjadi karena perlawanan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi yang bisa menyerang jaringan tertentu.

Perlawanan sistem kekebalan tubuh diwakili oleh sel darah putih. Sel ini akan bergerak melalui dinding pembuluh darah, kemudian berkumpul di jaringan yang mengalami kerusakan. Kandungan anti inflamasi pada daun sirsak bisa menjaga kesehatan kulit. Beberapa penelitian menemukan luka dan peradangan di kulit bisa disembuhkan dengan rebusan daun sirsak.

8. Meningkatkan Kesehatan

Minuman dari rebusan daun sirsak dinilai bisa memerangi beberapa penyakit, seperti batuk, mual, dan infeksi parasit. Rebusan daun sirsak bisa mengurangi berat badan dan stres.

Buah sirsak boleh saja dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat karena memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Namun, bila kamu hendak menggunakan suplemen atau pengobatan herbal yang mengandung ekstrak buah, daun, atau bagian lain dari tanaman sirsak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter terkait dengan keamanan dan efektivitasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

-- ADVERTISEMENT --

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan lainnya yang mencegah pemuatan halaman sepenuhnya.

Kami membutuhkan uang untuk mengoperasikan situs, dan hampir semuanya berasal dari iklan online kami.

×