7 Situs Untuk Cek Kecepatan Internet

7 Situs Untuk Cek Kecepatan Internet

BangSiagian.id - Internet yang cepat merupakan kebutuhan dasar di zaman sekarang ini. Internet yang cepat dibutuhkan di semua lapisan masyarakat, mulai dari proses belajar mengajar, kebutuhan pekerjaan, hingga kebutuhan hiburan seperti ngeblog, streaming film atau bermain game online.

Bagaimana lantas cara mengecek kecepatan internet?

Berikut 7 situs di bawah ini untuk mencari tahu kecepatan internet. Silahkan kamu coba!

1. FAST.com
FAST.com adalah website yang dapat memberikan perkiraan kecepatan internet kamu saat ini. Fokus utama FAST.com adalah kecepatan unduh karena ini adalah hal yang paling relevan bagi orang-orang yang menikmati konten di internet.

Sangat mudah untuk mengetahuinya, cukup buka https://fast.com maka secara otomatis situs ini akan menghitung kecepatan internet kamu. FAST.com dapat menguji kecepatan internet secara global di perangkat apa pun, dari ponsel hingga laptop hingga TV pintar dengan browser.

Jika kamu mengklik tombol "Show more info", kamu dapat melihat kecepatan upload dan latensi koneksi (ping). Jika kecepatan internet kamu lebih rendah dari yang dijanjikan oleh penyedia layanan internet (ISP) atau penyedia layanan internet kamu, maka kamu harus menanyakannya.


2. SpeedOf.Me
Situs resminya menjelaskan bahwa SpeedOf.Me lahir pada bulan Desember 2011. Saat itu, developer melakukan tes kecepatan broadband HTML5 yang pertama. SpeedOf.Me dirancang untuk bekerja di semua browser yang mendukung HTML5, dari perangkat iPhone, Android dan Windows, serta browser desktop.

Untuk menguji kecepatan internet kamu, cukup buka https://speedof.me dan tunggu beberapa saat. Keunggulannya, kamu tidak perlu menggunakan Flash / Java, cukup gunakan teknologi HTML5. SpeedOf.Me juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan dapat dijalankan tanpa menginstal aplikasi apa pun.


3. HighSpeedInternet.com
HighSpeedInternet.com adalah situs web untuk menguji kecepatan internet. Agar akurat, mereka merekomendasikan pengujian 3-4 kali. Tidak perlu mengunduh atau menginstal apa pun, cukup kunjungi https://www.highspeedinternet.com/tools/speed-test dan klik "Mulai Tes Kecepatan".

Setelah itu, HighSpeedInternet.com akan secara otomatis menghitung kecepatan unduh dan unggah rata-rata. Di halaman yang sama juga akan muncul latensi, nama penyedia internet, alamat IP, dan lokasi server. Mudah, cepat, dan praktis!.


4. Speed.io
Speed.io adalah uji kecepatan DSL modern untuk menganalisis akses internet broadband. Speed.io memiliki hampir 5000 server di seluruh dunia. Situs web ini akan menguji kecepatan unduh kamu, kecepatan unggah, jumlah maksimum koneksi per menit, dan ping (waktu respons antara komputer kamu dan internet).

Semua pengujian dilakukan di browser melalui HTTP (TCP), tanpa menginstal perangkat lunak. Caranya klik https://www.speed.io dan tunggu beberapa saat. Hasilnya akan muncul beberapa saat kemudian. Mudah kan?.


5. METER.Net
Pertama kali didirikan pada tahun 2001 di bawah domain zacatek.cz dan beralamat di https://www.zacatek.cz/web/rychlost. Kemudian, pada tahun 2004 memiliki domain sendiri dan beralamat di Rychlost.cz. Pada tahun 2005 itu mengubah alamat menjadi Bandwidth-test.net dan berubah lagi menjadi https://meter.net pada tahun 2014.

Sama seperti situs web lain, untuk menguji kecepatan internet cukup klik "Mulai tes". Kemudian, hasilnya akan muncul dalam hitungan detik. Untuk hasil yang lebih detail, klik "Tunjukkan Detail Tes Ini".


6. SpeedCheck.org
Dengan SpeedCheck, kamu dapat menguji kecepatan internet kamu secara akurat dan otomatis. Perangkat yang dapat diuji adalah ponsel, tablet, dan komputer, melalui browser yang tersedia di masing-masing perangkat. Untuk menampilkan hasil yang akurat pada perangkat seluler, disarankan untuk mengunduh aplikasi yang tersedia untuk iOS dan Android.

Mengapa demikian? Ini karena browser di perangkat seluler memiliki kinerja yang buruk. Untuk hasilnya, kamu bisa mengetahui kecepatan download dan upload, serta latency, alamat IP, dan provider yang digunakan. kamu dapat mengaksesnya melalui browser dengan mengunjungi https://www.speedcheck.org .


7. Tes Kecepatan AT&T
Siapa yang tidak kenal AT&T? Ini adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia sekaligus penyedia layanan telepon seluler terbesar di Amerika Serikat melalui AT&T Communications.

Untuk menguji kecepatan internet, kunjungi https://www.att.com/support/speedtest dan klik tombol "Start". Sebentar lagi, hasilnya akan keluar. kamu dapat mengetahui kecepatan download, upload, dan data ping dan jitter. Uji kecepatan internet di situs web AT&T yang disediakan oleh Ookla, LLC.

Nah, itulah 7 situs untuk mengecek kecepatan internet. Sederhana, praktis, dan gratis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

-- ADVERTISEMENT --

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-- ADVERTISEMENT --