Mengenal Lebih Dekat Tentang dan Manfaat VoIP Business Phone System

Mengenal Lebih Dekat Tentang dan Manfaat VoIP Business Phone System

BangSiagian.id - Teknologi VoIP merupakan salah satu hasil pengembangan teknologi terbaru saat ini. Teknologi ini akan semakin memudahkan Anda dalam berkomunikasi. Untuk membantu Anda memanfaatkan teknologi ini, Anda bisa membaca ulasan detail dan manfaat dari teknologi VoIP bagi proses komunikasi.

Mengenal Teknologi IP Phone atau VoIP
Teknologi VoIP ini merupakan teknologi komunikasi modern terkini. VoIP ini adalah Voice Over Internet Protocol yang sering disebut sebagai IP telephone atau digital phone. Teknologi ini adalah suara yang akan dikirim dan diubah menjadi data terlebih dulu dan kemudian dikirimkan ke penerima melalui jaringan internet. Teknologi VoIP ini akan mengubah suara tersebut dengan bantuan internet protocol. VoIP ini sudah diterapkan di berbagai jenis standar dan prosedur open source dengan berbagai manfaat untuk berkomunikasi.

VoIP Ini berbeda dengan telepon standar yang menggunakan jaringan telepon umum (PSTN) tradisional.

Layanan telepon berbasis IP digital ini menggunakan protokol kontrol seperti Session Initiation Protocol (SIP), Skinny Client Control Protocol (SCCP) atau berbagai protokol kepemilikan lainnya.

Manfaat Memakai Teknologi VoIP
Teknologi telepon berbasis VoIP menawarkan teknologi telepon berbasis koneksi internet dengan beragam keuntungan dibandingkan dengan sistem lama yang masih konvensional. Ada beberapa manfaat nyata saat Anda memakai teknologi VoIP untuk berkomunikasi.

Mudah Diinstal dan Dikonfigurasi
Salah satu manfaat pemakaian teknologi VoIP ini adalah karena kemudahan dalam proses instalasi dari teknologi ini. Pemasangan teknologi ini cukup mudah dan sederhana bagi Anda yang mempunyai pengetahuan tentang teknologi yang pas – pasan. Daripada memakai telepon kabel, maka Anda bisa menginstal aplikasi teknologi ini. Anda bisa mengaturnya dengan mudah seperti IP phone dan dikonfigurasi dengan sederhana. Setelah itu, Anda bisa segera memanfaatkannya.

Memiliki Biaya Panggilan dan Telepon Yang Terjangkau
Manfaat lain pemakaian teknologi VoIP ini adalah cukup terjangkaunya biaya panggilan dan telepon dengan pemasangan teknologi ip Phone. Anda bisa menghemat biaya saat memakai layanan teknologi VoIP ini. Panggilan jarak jauh dengan teknologi ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan telepon kabel. Bahkan Anda bisa menghemat tagihan bulanan dari telepon rumah Anda setelah Anda memakai teknologi ini. Manfaat ini sangat nyata dirasakan banyak orang.

Bisa Membawa Nomor Dengan Mudah
Apakah Anda ingin berpergian? Bila Anda ingin pergi, pastinya banyak barang yang akan dibawa termasuk telepon Anda dengan teknologi VoIP. Saat ini Anda tak perlu takut tak bisa berkomunikasi dengan mudah tanpa bantuan teknologi ini karena sistem telepon dengan teknologi VoIP ini memudahkan Anda untuk mengakses website portal dengan mudah dan menginstal ulang sistem kapanpun Anda mau. Ini berdampak bagus dengan jadwal berpergian Anda karena nomor dari sistem teknologi ini bisa dibawa saat Anda berpergian. Panggilan dengan nomor telepon ini sanggup dialihkan kemanapun Anda pergi karena sistem ini sudah berbasis cloud sehingga lebih fleksibel.

Kualitas Suara Jernih
Tak hanya praktis, teknologi VoIP ini juga mencuri perhatian Anda dengan manfaat lainnya. Anda bisa menelepon ataupun berkomunikasi dengan teknologi berbasis internet dengan suara yang halus dan jernih. Kualitas suara dengan teknologi VoIP ini sangat bagus walaupun jaraknya cukup jauh. Anda seperti berbicara dengan orang yang berada di depan ataupun samping Anda.

Bebas Biaya
Teknologi ini memiliki skabilitas yang bagus. Layanan bertelepon internet ini sangat terukur sehingga memudahkan Anda untuk memperkirakannya. Anda bisa memakai nomor berbeda saat memanfaatkan teknologi ini. Komunikasi berbasis teknologi ini bebas biaya sehingga Anda jauh lebih hemat.

Mudah Dikelola dan Diatur
Manfaat lainnya adalah memudahkan Anda dalam mengelola dan mengatur teknologi VoIP dalam sistem komunikasi Anda. Semua bukti panggilan masuk dan keluar akan dicatat dan dikelola di komputer dengan tepat.

Menawarkan Berbagai Fasilitas
Selain itu, teknologi ini juga menawarkan berbagai fasilitas untuk telepon berbasis internet ini. Fasilitas pertama adalah speed dial yang memudahkan Anda untuk bertelepon tanpa menekan nomor ataupun angka si penerima telepon. Limit duration bermanfaat untuk membatasi waktu telepon Anda. Limit destination ini juga menjadi fitur bagus untuk membatasi nomor tujuan telepon Anda. Sementara itu, time limit berguna untuk memberikan batas berapa lama waktu pemakaian telepon internet tersebut. Fasilitas terakhir adalah multi password yang berguna untuk mengatur pemakai telepon menurut password.

Memudahkan Berkomunikasi
Manfaat terakhir dari teknologi VoIP ini adalah memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun. Komunikasi bisa dilakukan baik di kota besar, kota kecil, ataupun di desar. Bahkan komunikasi bisa dilakukan antar benua dan negara. Pastinya Anda akan merasa jauh lebih dekat dengan teman, keluarga, dan pacar Anda yang jauh disana.

Komponen dan Perangkat Lunak
VoIP Phone terdiri dari komponen perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat lunak ini memerlukan komponen jaringan standar seperti tumpukan jaringan TCP/IP , implementasi klien untuk DHCP , dan Domain Name System (DNS). Selain itu, tumpukan protokol pensinyalan VoIP, seperti untuk Session Initiation Protocol (SIP), H.323 , Skinny Client Control Protocol (Cisco), dan Skype , diperlukan. Untuk aliran media, Real-time Transport Protocol (RTP) digunakan di sebagian besar sistem VoIP. Untuk penyandian suara dan media, tersedia berbagai pengkode, seperti untuk audio: G.711 , GSM , iLBC, Speex , G.729 , G.722 , G.722.2 (AMR-WB), codec audio lainnya , dan untuk video H.263 , H.263 + , H.264 . Perangkat lunak antarmuka pengguna mengontrol pengoperasian komponen perangkat keras, dan dapat menanggapi tindakan pengguna dengan pesan ke layar tampilan.

Klien STUN
Untuk mengaktifkan komunikasi VoIP, paket SIP/RTP harus digunakan dan klien STUN akan menjadi komponen kunci untuk komunikasi VoIP dengan pengelolaan paket SIP/RTP. Sebuah Sesi Traversal Utilitas untuk NAT (STUN) klien digunakan pada beberapa SIPTelepon VoIP berbasis sebagai firewall pada antarmuka jaringan terkadang memblokir paket SIP/RTP. Beberapa mekanisme khusus diperlukan dalam hal ini untuk mengaktifkan perutean paket SIP dari satu jaringan ke jaringan lainnya. STUN digunakan di beberapa telepon sip untuk mengaktifkan paket SIP/RTP melintasi batas dua jaringan IP yang berbeda. Sebuah paket menjadi tidak dapat dirutekan antara dua elemen sip jika salah satu jaringan menggunakan rentang alamat IP pribadi dan yang lainnya berada dalam rentang alamat IP publik. Stun adalah mekanisme untuk mengaktifkan traversal perbatasan ini. Ada mekanisme alternatif untuk traversal NAT, STUN hanyalah salah satunya. STUN atau mekanisme traversal NAT lainnya tidak diperlukan ketika dua telepon SIP yang terhubung dapat dirutekan satu sama lain dan tidak ada firewall di antaranya.

Klien DHCP
Perangkat lunak klien DHCP menyederhanakan koneksi perangkat ke jaringan IP. Perangkat lunak secara otomatis mengkonfigurasi parameter jaringan dan layanan VoIP.

Cara Kerja Teknologi VoIP Phone System
Teknologi VoIP ini mampu mengkonversikan berbagai suara analog yang diterima langsung dari speaker di komputer menjadi data. Kemudian, paket data tersebut akan melanjutkan suara melalui router dengan bantuan jaringan internet untuk bisa diterima oleh penerima panggilan. Pengiriman dari sinyal ke destinasi ini pastinya dilakukan secara digital yaitu suara diubah menjadi data digital sebelum dikirimkan. Itulah beberapa hal mengenai teknologi Phone atau VoIP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

-- ADVERTISEMENT --

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-- ADVERTISEMENT --