ADVERTISEMENT

Mengenal Tentang dan Manfaat Bulk SMS Untuk Bisnis

Mengenal Tentang dan Manfaat  Bulk SMS Untuk Bisnis

BangSiagian.id - Bulk SMS atau pesan massal adalah penyebaran pesan SMS dalam jumlah besar untuk dikirim ke banyak penerima. Bulk SMS ini banyak digunakan oleh perusahaan media, bank, dan perusahaan lainnya (untuk pemasaran dan pengendalian penipuan) dan merek konsumen untuk berbagai tujuan termasuk hiburan, pemasaran perusahaan dan seluler.

Mengingat saat ini kepopuleran SMS mungkin kalah dengan aplikasi pengiriman pesan singkat lainnya, bukan berarti penggunaannya sudah tidak efektif lagi bagi bisnis. Alasannya, penggunaan SMS Bulk memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan strategi komunikasi yang lainnya.

Bulk SMS bisa menjangkau konsumen dengan berbagai macam tipe ponsel dan provider yang dimiliki. Hal tersebut menunjukkan bahwa kegunaannya tidak dibatasi oleh jarak, internet, dan hal lainnya.

Di dalam setiap ponsel pun pasti memiliki fitur SMS di dalamnya, sehingga perusahaan dapat memastikan bahwa seluruh pelanggan dapat dijangkau, tidak bergantung pada daerah yang memiliki jaringan internet yang dapat diandalkan saja.

Bulk SMS biasanya juga digunakan untuk informasi dan komunikasi antara staf.

Saat ini, berbagai macam pilihan media telah tersedia untuk digunakan perusahaan untuk lebih dekat dengan pelanggannya.

Mengenal Manfaat dan Tentang Bulk SMS Untuk Bisnis

Bulk SMS ada dua jenis yaitu Bulk SMS Reguler dan Bulk SMS Premium, dua jenis masih yang paling banyak digunakan perusahaan dan terbukti memberikan hasil yang efektif.

Bulk SMS Reguler
Bulk SMS reguler biasanya digunakan untuk mengirimkan konten sms yang berkaitan dengan promosi, informasi atau notifikasi.

Partner menggunakan aplikasi untuk melakukan pengiriman SMS berbasis web, dimana user dapat membuat phonebook, membuat group phonebook, melakukan pengiriman SMS dan melihat report secara real–time.

Bulk SMSPremium
Bulk SMS premium digunakan untuk mengirimkan kode OTP (One Time Password) yang diperlukan untuk suatu proses verifikasi.

Pengguna Bulk SMS memiliki suatu aplikasi yang dapat mengirimkan pesan ke server secara real–time yang akan langsung mengirimkan ke nomor telepon pelanggan.

Mengapa Harus menggunakan Bulk SMS
Bulk SMS digunakan untuk mengirimkan konten yang bersifat urgent dan rahasia, seperti salah satunya seperti kode OTP. Layanan Bulk SMS memiliki proses pengiriman yang cepat.

Perusahaan telekomunikasi Indonesia yang menyediakan layanan Bulk SMS adakah XL Axiata dan Telkomsel dengan nama layanan yang sama yaitu Web2SMS. Selain itu ada Indosat dengan nama paket Pintar.

Perangkat Lunak
Perangkat lunak diperlukan untuk mengirim dan menerima Bulk SMS, dan tersedia berbagai paket perangkat lunak. Paket perangkat lunak ini memberi pengguna kesempatan untuk menambahkan nomor telepon sebanyak yang diperlukan dan nomor telepon ini dapat dikelola dengan berbagai cara. Sebagian besar aplikasi perangkat lunak SMS memungkinkan pengunggahan daftar nomor ponsel menggunakan file teks atau file CSV .

Beberapa sistem canggih dapat secara otomatis menghapus nomor duplikat atau nomor yang tidak benar, dan nomor ponsel dapat divalidasi sebelum mengirim pesan. Dengan fitur perangkat lunak yang disempurnakan, pesan dapat dijadwalkan untuk dikirim pada waktu dan/atau hari tertentu dan pesan massal dapat dikirim di jaringan seluler nasional dan internasional selama penyedia perangkat lunak pengiriman pesan massal mengirim secara internasional.

API
Sebagian besar layanan Bulk SMS menggunakan antarmuka pemrograman aplikasi (API) standar berikut yang memungkinkan pemrogram menambahkan fungsionalitas SMS ke program apa pun:

Surel
FTP (Protokol Transfer File)
HTTP (Protokol Transfer Hiperteks)
SMPP (Pesan Singkat Peer-to-Peer)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


-- ADVERTISEMENT --

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


-- ADVERTISEMENT --
[x] CLOSE