Cara Agar Loading Blog Menjadi Cepat dan Super Efektif

ilustrasi (Foto:pexels)
BangSiagian.id - Pengunjung akan merasakan frustasi dan kecewa saat mengakses website dengan loading lambat. Maka dari itu, sebagai pemilik dan pengembang website harus dapat meningkatkan kecepatan loading blog agar pembaca semakin setia.

Cara Mempercepat Loading Blog Yang Super Efektif<


1. Perhatikan Optimasi Ukuran Gambar
Gambar akan menjadi masalah serius bagi kecepatan blog. Masalah gambar bukan terletak pada banyaknya gambar yang disisipkan pada blog, namun pada optimasi gambarnya.

Pastikan gambar dengan resolusi dan size yang besar dioptimasi terlebih dahulu. Caranya dapat menggunakan berbagai software atau dapat juga dilakukan secara online dari website penyedia optimasi gambar.


2. Mengaktifkan GZip Compression
Gzip compression akan sangat membantu karena dapat mempercepat loading blog. GZip Compression berfungsi untuk memperkecil ukuran file website CSS, HTML, javascript, json, xml dan font yang digunakan.

Selain mempercepat loading website, GZip compression juga dapat menghemat resource server dan bandwidth hosting yang digunakan. Untuk mengaktifkan Gzip Compression dapat dilakukan secara manual melalui cPanel.

Login cPanel hosting, kemudian copy kode berikut dan paste pada file .htaccess.

<IfModule mod_filter.c>
<IfModule mod_deflate.c>
 AddOutputFilterByType DEFLATE “application/atom+xml” \
 “application/javascript” \
 “application/json” \
 “application/ld+json” \
 “application/manifest+json” \
 “application/rdf+xml” \
 “application/rss+xml” \
 “application/schema+json” \
 “application/vnd.geo+json” \
 “application/vnd.ms-fontobject” \
 “application/x-font-ttf” \
 “application/x-javascript” \
 “application/x-web-appmanifest+json” \
 “application/xhtml+xml” \
 “application/xml” \
 “font/eot” \
 “font/opentype” \
 “image/bmp” \
 “image/svg+xml” \
 “image/vnd.microsoft.icon” \
 “image/x-icon” \
 “text/cache-manifest” \
 “text/css” \
 “text/html” \
 “text/javascript” \
 “text/plain” \
 “text/vcard” \
 “text/vnd.rim.location.xloc” \
 “text/vtt” \
 “text/x-component” \
 “text/x-cross-domain-policy” \
 “text/xml”
</IfModule>
</IfModule>


3. Mengaktifkan Caching
Caching sangat berguna bagi sebuah blog dalam proses penyimpanan sementara data, halaman HTML, dan konten sebuah blog untuk mengurangi penggunaan resource dan loading server. Secara sederhana, caching sangat membantu untuk mempercepat loading halaman blog. Teknologi caching bekerja pada sebuah blog tanpa perlu mengambil data dari server berulang-ulang untuk menampilkan halaman yang sama sehingga kecepatan loading bisa meningkat.


4. Menghapus Plugin Yang Tidak Terpakai
Jika plugin yang terpasang pada sebuah blog terlalu banyak, maka akan memberatkan resource hosting. Periksa plugin yang aktif pada sebuah blog, pastikan untuk memilih dan menghapus beberapa plugin yang tidak terlalu penting.


5. Membatasi Jumlah Postingan Per Halaman
Terlalu banyak menampilkan postingan postingan di halaman utama, akan berpengaruh terhadap kecepatan loading blog. Semakin banyak postingan di pada halaman, maka semakin banyak juga waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan loading. Cobalah untuk membatasi kebutuhan postingan pada setiap halaman utama.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar kecepatan loading blog menjadi lebih super efektif dan lebih memuaskan visitor Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel