Cara Mengatasi Download Pending Di Google Play Store

Cara Mengatasi Download Pending Di Google Play Store
ilustrasi
BangSiagian.id - Saat ini, pengguna smartphone Android tentu sudah sangat akrab dengan Google Play Store. Karena semua aplikasi yang kita butuhkan tersedia di Google Play Store.

Namun hampir semua pengguna Android pernah bermasalah dengan Google Play Store. Kamu tentu pernah mengalami masalah pada saat sedang download aplikasi atau game di Gogole Play, seperti mengalami download pending atau download tertunda.

Dugaan awal kita tentunya karena ada antrian karena kita sedang download dokumen atau aplikasi lain.

Dugaan berikutnya adalah kapasitas memori handphone sudah hampir habis.

Namun bagaimana jika kedua dugaan itu tidak kita alami?


Berikut cara untuk mengatasi download pending di Play Store


Mengecek Download dan Update yang Sedang Berjalan Saat ini

Seringkali, penyebab download pending di Google Play Store adalah adanya aplikasi yang sedang mengupdate di waktu bersamaan. Hal ini juga akan terjadi jika Kamu mengunduh banyak aplikasi secara bersamaan. Jadi, dengan sedikit menunggu, asal koneksi ke internet lancar, masalah ini akan segera beres.

Cara memeriksanya, buka Google Play, pilih menu, lalu klik My apps & games.

Namun jika Kamu ingin mengunduh aplikasi secara darurat, misal mengunduh aplikasi transportasi untuk perjalanan pulang dengan segera, Kamu bisa membatalkan semua unduhan yang saat ini sedang berjalan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menekan tombol X yang selalu ada di lingkaran proses unduhan.

Mengecek Koneksi Kamu

Pengecekan koneksi tentu adalah hal yang harus dilakukan lebih dulu. Biasanya, pengaruh ke soal pending di Play Store terjadi jika koneksi Kamu mati atau lemot. Jika semua berjalan normal namun pengunduhan tetap pending, cara yang bisa dilakukan adalah mengubah opsi pengunduhan. Berikut caranya.

1.Buka Play Store, lalu buka menu di sisi kiri aplikasi
2.Buka setting, lalu pilih App Download Preference, lalu pilih Over any netwrok
3.Jika berhasil, berarti koneksi wifi Kamu yang sedang bermasalah

Periksa memori dan juga SD Card

Salah satu penyebab permasalahan download adalah penuhnya memori internal dan juga SD Card. Berikut beberapa yang harus dilakukan agar download kembali lancar.

1.Periksa manual dulu sisa kapasitas memori Kamu dengan cara pergi ke Settings, lalu pilih storage
2.Jika memang penuh, coba uninstall beberapa aplikasi yang sebelumnya jarang Kamu pakai
3.Selain itu, pindahkan foto-foto lawas ke PC atau harddisk, lalu hapus yang ada di HP. Hapus juga foto dari folder WhatsApp Image yang seringkali menumpuk
4.Coba kembali donwload di Play Store

Ganti Akun Google

Permasalahan esensial yang menerpa Kamu soal download pending sebenarnya sudah tercakup di atas. Namun jika semua belum berhasil, ada baiknya jika mengganti akun Google. Mungkin ada masalah di akun yang Kamu pakai sekarang sehingga asosiasi ke Play Store error.

Caranya, adalah dengan masuk ke menu Google, hapus akun Kamu dari sinkronisasi Google, restart perangkat, lalu ketika diminta sinkronisasi lagi, masukkan email lain atau email baru Kamu.

Setelah mengetahui cara mengatasi download pending di Google Play Store di atas, kamu mungkin sudah mengetahui cara menangatasinya. Tapi, tidak sedikit pula kendala “download tertunda” ini tetap terjadi meski kamu sudah memiliki internet yang cepat, memori internal yang cukup, dan tidak ada aplikasi yang sedang didownload.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1



Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



BACA JUGA: Makanan Pokok Pengganti Nasi Yang Sehat