Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Situs Web Anda

Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Situs Web Anda

BangSiagian.id - Anda berencana membangun situs web untuk bisnis Anda, tetapi Anda dihadapkan pada keputusan sulit: jenis hosting apa yang Anda pilih? Dengan berbagai pilihan, mungkin sulit untuk menentukan mana yang harus dipilih untuk situs web yang Anda pikirkan. Mari kita lihat cara kerja hosting dan kemudian kita akan menjelajahi semua opsi untuk meng-hosting situs web Anda.

Tentang Hosting


Semua situs web memerlukan "rumah" online. Penyedia hosting menjual ruang di server (komputer dengan satu atau lebih hard drive canggih dan besar yang menyimpan semua data, gambar, teks, dan informasi lain yang ada di situs web Anda), dan membuat itu tersedia untuk siapa saja yang ingin mengaksesnya melalui Internet.

Sementara beberapa orang mengelola server web mereka sendiri, hosting jarak jauh dengan perusahaan penyedia hosting yang menawarkan banyak opsi pilihan hosting dan harga.

Jenis Hosting


Jenis layanan hosting:
  • Shared Hosting
  • Reseller Hosting
  • VPS (Virtual Private Servers)
  • Dedicated Servers
  • Managed WordPress Hosting
Itu banyak pilihan. Bagaimana Anda memilih?. Layanan hosting berbeda menurut cara server diatur dan jumlah akses yang dimiliki pelanggan.

1. Shared Hosting
Shared Hosting sangat ideal untuk orang yang baru mengenal situs web. Ini adalah opsi yang paling murah dan paling mudah diatur dan dipelihara. Ini adalah pilihan yang bagus untuk blog, situs web pribadi, dan situs bisnis kecil yang tidak mengalami lalu lintas tinggi atau memerlukan bandwidth yang besar (seperti video). Pengguna memiliki akses ke cPanel, memberi mereka kemampuan untuk menginstal database dan aplikasi, mengelola email, menggunakan FTP untuk mentransfer file ke dan dari server, dan memantau penggunaan bandwidth.

Seperti namanya, shared hosting adalah sejumlah akun hosting yang berada dalam satu server. Anda mendapatkan Control Panel (cPanel) berbasis web, yang memudahkan untuk mengunggah situs Anda, membuat akun email, atau menambahkan basis data tanpa mengetahui MySQL atau bahasa pengkodean.

Dengan shared hosting, orang lain menangani semua pemeliharaan server, dan setelah situs web Anda aktif dan berjalan, Anda jarang perlu mengakses cPanel.

Namun, Anda akan menghadapi beberapa keterbatasan dengan lalu lintas dan bandwidth (transfer file, video, dll.), karena Anda berbagi ruang server dengan pelanggan lain. Anda mungkin juga mengalami lonjakan lalu lintas (dari situs Anda atau orang lain) yang dapat memperlambat situs Anda, dan ada batasan tertentu pada jenis hal yang dapat Anda instal atau modifikasi pada akun hosting bersama.

2. Reseller Hosting
Reseller hosting adalah bentuk lain dari shared hosting dan merupakan solusi yang baik untuk desainer web dan pengembang yang memelihara situs web pelanggan mereka dalam jangka panjang.

Paket hosting reseller pada dasarnya adalah akun hosting bersama dengan alat tambahan untuk membantu Anda menjual kembali ruang hosting kepada klien. Anda mendapatkan tingkat kontrol yang lebih tinggi termasuk panel kontrol Web Host Manager (WHM) yang memungkinkan Anda membuat beberapa akun cPanel dengan detail login mereka sendiri. Sebagai pemilik paket pengecer, Anda dapat memberi klien akses ke akun yang dijual kembali tanpa memberi mereka akses ke akun utama. Anda juga dapat menggunakan Web Host Manager Complete Solution (WHMCS), perangkat lunak penagihan yang memungkinkan Anda menagih klien.

3. VPS Hosting
VPS Hosting / Server Pribadi Virtual adalah opsi yang sangat dapat dikonfigurasi yang memberikan lebih banyak fleksibilitas daripada hosting bersama. Server VPS masih merupakan lingkungan bersama, tetapi berbeda dalam cara sumber daya server dialokasikan. VPS adalah pilihan yang tepat untuk pengembang, webmaster, dan pengecer yang ingin memelihara server, dan untuk situs web yang membutuhkan banyak sumber daya.

VPS adalah server fisik tunggal tetapi dipartisi sebagai beberapa server terpisah. Dengan shared hosting, semua situs web dan data lain di server berbagi sumber daya yang sama, jadi jika satu situs web mengalami banyak lalu lintas, itu dapat memengaruhi yang lain di server yang sama.

Berikut adalah cara untuk memvisualisasikan perbedaan antara shared hosting dan VPS hosting: Bayangkan Anda akan berkemah di danau. Satu sisi danau diatur seperti hosting bersama, sehingga siapa pun dapat mengambil tempat perkemahan apa pun yang mereka inginkan dan beberapa orang mungkin mendapatkan tempat yang lebih besar atau yang lebih dekat ke air. Masih ada cukup lahan untuk dilalui, tetapi ruang tidak dialokasikan secara merata. Di sisi lain danau, seseorang telah menggambar garis di sekitar setiap perkemahan, memastikan setiap orang memiliki jumlah ruang dan akses yang sama ke air. Ini adalah bagaimana server VPS akan dialokasikan.

Pada akun VPS, akun Anda berada di dalam mesin virtual yang bertindak sebagai server independen. Itu berarti Anda dapat membuat lebih banyak perubahan tanpa memengaruhi orang lain. Untuk melanjutkan analogi di atas, Anda bisa membuat api unggun dan memainkan musik, dan itu tidak akan mengganggu tetangga Anda. Pada shared hosting, Anda tidak dapat benar-benar mengubah lingkungan Anda karena Anda juga akan mengubah lingkungan orang lain.

4. Dedicated Server Hosting
Sebuah dedicated server adalah pilihan hosting yang paling kuat dan merupakan pilihan yang tepat untuk situs web yang paling menuntut. Ingatlah bahwa dengan VPS atau server khusus, Anda akan lebih bertanggung jawab atas pengaturan dan pemeliharaan situs web daripada dengan hosting bersama. Dengan dedicated server, website Anda memiliki server sendiri untuk dirinya sendiri.

Sebuah dedicated server umumnya tingkat hosting yang Anda perlukan jika bisnis online Anda mendapatkan banyak lalu lintas situs web.

Di server khusus, Anda dapat membuat perubahan apa pun yang Anda perlukan, yang mungkin berguna jika Anda berencana menjalankan perangkat lunak khusus di server. Di sisi lain, Anda akan membutuhkan lebih banyak pengetahuan teknis (atau menyewa administrator manajemen server) untuk mengelola server khusus.

5. EasyWP: Managed WordPress Hosting
Sebagai bentuk hosting bersama, EasyWP (yang merupakan kependekan dari 'Easy WordPress') menawarkan titik masuk yang lebih sederhana daripada hosting biasa. Anda tidak perlu khawatir tentang menginstal WordPress atau mencari tahu seluk-beluk cPanel saat mengatur situs Anda.

EasyWP menghilangkan banyak masalah yang terkait dengan pengaturan WordPress. Ini adalah pilihan yang bagus untuk pemilik bisnis yang membutuhkan situs web dengan cepat. Saat ini, kelemahan utama Easy WP adalah Anda tidak memiliki akses FTP atau cPanel, yang berarti Anda tidak dapat melakukan hal-hal seperti memodifikasi kode sumber terbuka WordPress dasar atau database Anda.

Kesimpulan


Saat Anda memikirkan perusahaan apa yang ingin Anda pilih untuk hosting Anda, ada banyak keuntungan untuk meng-hosting situs web tempat Anda mendaftarkan domain. Anda hanya perlu berurusan dengan satu perusahaan untuk dukungan dan manajemen akun.

Lebih mudah untuk mengelola DNS Anda (mengarahkan domain Anda ke hosting Anda) dan Anda tidak perlu bolak-balik antara situs web perusahaan hanya untuk mengelola situs Anda sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-- ADVERTISEMENT --

Iklan Bawah Artikel


[x] CLOSE